Goa Gajah Bali

Lokasi Pura Goa Gajah terdapat di bagian barat desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar Bali ditempuh 1 jam berkendara dari kota Denpasar. Pura Goa Gajah ini dibuka untuk umum sebagai obyek wisata sehingga banyak wisatawan domestik dan manca negara mengunjungi untuk melihatnya, namun ada pengecualian bagi para wanita yang sedang datang bulan tidak diperkenankan untuk memasuki wilayah pura untuk menjaga kesucian Pura. 

Suasana dari kompleks Pura Goa Gajah sendiri penuh dengan kedamaian, bentuk arsitekturnya membawa anda era masa lalu khas era kerajaan-kerajaan bercorak Hindu dan Buddha.
Pura Goa Gajah adalah salah satu pura tertua dan bersejarah peradaban masyarakat Hindu dan Budha di pulau Bali. Nama Goa Gajah dikarenakan ada salah satu kompleks pura terdapat sebuah goa dengan ukiran yang menyerupai gajah pada pintu masuknya, maka itulah pura ini disebut pura goa gajah.

Sejarah tentang kapan dibangunya Pura Gajah Sendiri masih perdebatan, namun menurut catatan kerajaan Majapahit yang bertahun 1365 AD menyatakan bahwa pura Goa Gajah dibangun oleh sebuah kerajaan di Bali bernama kerajaan Bedahulu pada abad ke 11 AD. atau sebelum pengaruh budaya kerajaan Majapahit masuk ke pulau Bali. Dalam catatan tersebut menyebutkan bahwa Pura Goa Gajah digunakan untuk pemujaan oleh dua agama sekaligus yaitu Hindu dan Buddha atau saat itu disebut dengan agama Siwa-Budha.

Kemudian perkembangan selanjutnya popularitas agama Budha meredup dan pura Goa Gajah tetap digunakan oleh para pemeluk agama Hindu sebagai tempat pemujaannya. Untuk mengunjungi Pura Goa Gajah anda dapat pula pesan paket tour Bali yang mempuyai itinerary mengunjungi pura ini.

Lokasi Pura Goa Gajah 

Postingan populer dari blog ini

Pantai Bali Cliff

Danau Beratan Bali

Teras Ceking